Informasi Tentang  Yoghurt !- Pengonaq Media
Pengonaq Media - Bismillah, asslamualaikum sobat. Apa kabar? semoga kita senantiasa selalu diberikan nikmat kesehatan dan kekuatan untuk menjalani ibadah di setiap hari-hari kita. Dan semoga kita senantiasa selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Amin. Pengonaq Media kembali memberikan informasi bermanfaat untuk sobat pembaca pada artikel berikut ini. Artik bermanfaat ini membahas seputar kesehatan tentang yoghurt. Silahkan disimak.. :)

Daftar Isi Artikel Tentang Yoghurt

Apa itu Youghurt | Tentang Youghurt
Segelas Youghurt

Apa itu Yoghurt ?

Yoghurt (penulisan lain yogurt) adalah makanan atau susu yang dibuat dari proses fermentasi bakteri. Bahan-bahan youghurt adalah dari susu (termasuk juga sari kacang kedelai). Dengan proses fermentasi dari susu menjadi yoghurt, terdapat bakteri yang disebut bakteri lactobacillius bulgaricus yang menghasilkan bakteri asam laktat dan asam asetat. Sehingga membuat rasa asam pada youghurt secara umum. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu dan menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma yang unik pada yoghurt. Kebanyakan yoghurt saat ini diproduksi dari susu sapi. Yoghurt juga tersedia dengan beraneka macam rasa, ada rasa alami, rasa buah, rasa vanilla dan yang populer adalah rasa cokelat.

Sejarah Yoghurt

Yoghurt telah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun di seluruh dunia sejak abad ke-3 sebelum masehi (SM). Di Indonesia kebanyakan masyarakat masih belum familiar dengan makanan sehat ini. Mungkin karena belum terlalu familiar dengan manfaatnya dan atau karena rasanya yang dominan asam yang dimana masyarakat Indonesia dominan lebih suka dengan rasa manis. Dari itu, saat ini yoghurt terus dikembangkan dengan beragam cita rasa.
Tahukah sobat, bahwa setiap negara di belahan dunia ini memiliki yoghurt dengan ciri khasnya tersendiri lho..!
 Sampai saat ini, belum ada bukti jelas mengenai yang pertama kali menemukan yoghurt.

Kata yoghurt berasa dari bahasa Turki  yoğurt diambil dari kata sifat  ‘yoğun’, yang berarti "padat" dan "tebal, atau dari kata kerja  yoğurmak, yang berarti "memijat" dan kemungkinan berarti "membuat padat".
Di Inggris, Bangladesh, India, dan Pakistan menyebut yoghurt dengan curd

Yoghurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas untuk pengawetan. Yoghurt kaya akan protein, vitamin B (B6 dan B12) , kalsium, riboflavin, dan mineral yang penting. Pada yoghurt terdapat juga lemak baik yang setara dengan susu yang menjadi bahannya.  Orang yang alergi terhadap susu tetap bisa mengkonsumsi susu yang difermentasi ini (yoghurt)  karena struktur laktosa yoghurt telak dirusak oleh bakteri.

Yoghurt Dadiah dijual di Pasar Bukit tinggi
Yoghurt Dadiah dari Sumatera Barat dijual di Pasar Bukit tinggi

Manfaat Yoghurt

Berikut ini adalah beberapa menfaat dari yoghurt:
  1. Untuk Mengatur Saluran Pencernaan : Asam laktat yang terkandung pada Yoghurt dapat berfungsi untuk memperlancar proses pembuangan feses (kotoran) sekaligus membuang bakteri patogen yang berbahaya yang terdapat pada saluran pencernaan.
  2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh : Perkembangbiakan bakteri lactobacillius yang aktif / hidup yang ada dalam yoghurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak gampang sakit.
  3. Dapat Membantu Mengurangi Kemungkinan Terkena Osteoporosis : Bahan dasar Yoghurt adalah susu, dimana susu merupakan sumber kalsium yang tinggi dan berguna untuk perkembangan tulang, gigi, dan mencegah kerapuhan tulang.
  4. Mendegradasi Kolesterol : Di dalam yoghurt terdapat asam laktat yang dapat menurunkan kolesterol menjadi Copporotanol yaitu sebuah sterol yang tidak dapat diserap oleh usus dan akhirnya Oprostanol dan sisa kolesterol dikeluarkan bersama feses.
  5. Melindungi Usus Besar : Bakteri yang berperan dalam pembentukan yoghurt dapat merubah zat-zat prekarsinogik yang ada dalam saluran pencernaan sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar.
  6. Membrantas Infeksi Yeast : Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi Yoghurt secara teratur dapat mengurangi pertumbuhan dan infeksi yeast pada vagina.
  7. Dapat Mengurangi Stres : Yoghurt dapat mengurangi gejala stres karena selama seseorang mengalami stres maka memerlukan banyak input energi dan cadangan zat gizi dan jenis makanan yang baik untuk dukonsumsi selama stres
  8. Untuk Program Diet : Dapat digunakan sebagai pengganti makan malam, yang kemudian melancarkan pembuangan secara teratur dan bersih.
  9. Melawan Bau Mulut : Yoghurt dapat mengatasi masalah bau mulut. Karena bakteri baik yang ada pada yoghurt dapat melawan bakteri penyebab bau mulut.
Itulah beberapa informasi tentang yoghurt dan manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita rajin meminum Yoghurt, tentu untuk kesehatan kita dan keluarga serta orang-orang yang kita cintai..

Penutup

Sekian dan terima kasih sudah berkunjung :)
Jangan Lupa Follow / ikuti : +Pengonaq Media di sosial media Google+ 

Terima Kasih sudah membaca Informasi Tentang Yoghurt !. Semoga Bermanfaat!