Fungsi Extract pada PHP- Pengonaq Media
PHP - Fungsi Extract pada PHP - [Pengonaq Media]
PHP - Fungsi Extract pada PHP - [Pengonaq Media]

Pengonaq Media - Bismillah, assalamualaikum. Pagi yang cerah ini 26 september 2015 semoga kita selalu diberikan nikmat kesehatan, kekuatan untuk menjalani aktivitas kita dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Amin

Pada tulisan ini saya akan membahas tentang fungsi extract pada pemrograman php. Artikel ini saya tulis karena saya menemukan anggota group di PHP Indonesia menanyakan masalah yang mengenai fungsi extract.

Fungsi extract ini merupakan fungsi (function) yang digunakan untuk meng-ekstrak / membongkar / mengeluarkan isi dari sebuah variable Array kemudian diimpor / diubah menjadi sebuah variable lokal. Yang menjadi nama variable adalah key/index dan nilainya adalah nilai dari index itu sendiri.

int extract ( array &$array [, int $flags = EXTR_OVERWRITE [, string $prefix = NULL ]] )


Parameter

Array

Sebuah asosiatif array / variable array yang memiliki key index tidak numerik contoh $array['nama'] , $array['nama_depan'] = "Riel", bukan $array[1], $array[2] = "Riel". Fungsi ini mengubah array tersebut menjadi sebuah variable. Dengan catatan nilai key index suatu array adalah nama variable yang benar.

* Parameter ini bersifat wajib.

Flags

Parameter ini menentukan cara fungsi extract memperlakukan nilai parameter array tersebut. Nilai default flag adalah EXTR_OVERWRITE. Berikut ini adalah beberapa pilihan parameter flag untuk fungsi extract ini:
EXTR_OVERWRITE
Jika flag ini digunakan, setiap nama viariable yang tabrakan / sudah ada, maka variable tersebut akan di overwrite atau ditimpa.
EXTR_SKIP
Flag ini ini kebalikan dari flag EXTR_OVERWRITE. Jika sebuah variable sudah ada maka tidak akan ditimpa alias diskip / diloncat / diabaikan.
EXTR_PREFIX_SAME
Jika flag ini digunakan, maka fungsi akan memberikan awalan nama (prefix) pada sebuah variable yang tabrakan / variable yang sudah ada. Awalan nama (prefix) yang digunakan adalah berdasarkan nilai parameter $prefix.
EXTR_PREFIX_ALL
Flag ini akan memberikan awalan nama (prefix) pada semua variable yang dihasilkan. Awalan nama yang digunakan adalah berdasarkan nilai parameter $prefix.
EXTR_PREFIX_INVALID
Fungsi akan memberikan awalan nama (prefix) pada variable yang dihasilkan apabila key index array merupakan nama variable yang tidak benar (invalid). Contoh : jika key index $array[1], maka dengan flag ini akan menghasilkan variable $prefix_1. Prefix ini berdasarkan  nilai parameter $prefix pada fungsi.
EXTR_IF_EXISTS
Jika flag ini digunakan, maka fungsi extract akan bekerja jika variable sudah ada. 
EXTR_PREFIX_IF_EXISTS
Jika flag ini digunakan, maka fungsi extract akan memberikan nama awalan (prefix) pada sebuah variable jika variable tersebut sudah ada. Contoh : Jika variable $nama sudah dan index array adalah $array['nama']. Maka variable baru yang dihasilkan dari $array['nama'] akan menjadi variable $prefix_nama.

* Nama awalan (prefix) berdasarkan nilai parameter $prefix.
EXTR_REFS
Flag ini digunakan jika variable $array merupakan sebuah variable referensi.

Prefix

Parameter ini digunakan sebagai awalan nama dari variable yang akan dibuat. Nilai default dari parameter ini adalah NULL. Jadi parameter ini bersifat opsional.

Return

Fungsi extract akan mengembalikan nilai dengan type integer. Nilainya adalah berdasarkan jumlah variable yang berhasil dibuat atau diekstrak.

Contoh

/**
 * @var  array $array_profile
 *
 */

$website = 'http://pengonaq-media.blogspot.com';
$array_profile = array(
     'nama_lengkap'   => 'Muh. Sukrillah',
     'nama_panggilan' => 'Ril',
     'alamat'         => 'Lombok, Nusa Tenggara Barat',
     'website'        => 'www.lombok-developer.com'
);

// untuk mengambil jumlah variable yang berhasil di-ekstrak
$jumlah_var = extract($array_profile, EXTR_PREFIX_SAME, 'pm_');

// jika tidak ingin mengambil jumlah variable yang berhasil di-ekstrak
// extract($array_profile, EXTR_PREFIX_SAME, 'pm_');

echo '<strong>Nama Lengkap :</strong> '. $nama_lengkap .'<br />';
echo '<strong>Panggil saja :</strong> '. $nama_panggilan .'<br />';
echo '<strong>Alamat       :</strong> '. $alamat .'<br />';
echo '<strong>Website      :</strong> <a href="http://'. $pm_website .'">'. $pm_website .'</a><br />';

Hasilnya adalah:

Nama Lengkap : Muh. Sukrillah
Panggil Saja : Ril
Alamat : Lombok, Nusa Tenggara Barat
Website : www.lombok-developer.com

Sebagai programmer yang kreatif silahkan berekspresi dengan penjelasan dan contoh di atas! :) sekian dulu, terima kasih sudah berkunjung! :)

Terima Kasih sudah membaca Fungsi Extract pada PHP. Semoga Bermanfaat!