Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Mata Bintitan- Pengonaq Media
Mata Bintitan
Pengonaq Media - Assalamualaikum sobat, semoga sehat selalu. Amin. Apa ada yang pernah mengalami penyakit seperti gambar di samping? Ya! itu namanya adalah penyakit mata bintitan. Saya sendiri juga pernah mengalaminya sobat. Tak terkecuali saya, semua orang yang menderita penyakit mata bintitan ini pasti merasa malu atau merasa tidak percaya diri dan merasa tidak nyaman jika mengalaminya. Apalagi ketika bertemu dengan teman-teman pasti tambah malu karena ledekan-ledekannya dan terlebih lagi adanya mitos kepercayaan masyarakat bahwa orang yang menderita penyakit mata bintitan itu adalah orang yang suka mengintip. Hmm, ada ada aja ya..

Mata bintitan bisa dicegah dengan menjga kebersihan mata dan bisa diaobati secara alami dengan cara mengkompres mata agar bebas dari bakteri yang menjadi pemicu atau penyebab bintit pada mata.

Bintitan biasanya berbentuk benjolan kecil kemerahan pada bagian kelopak mata tepatnya pada bagian pangkal bulu mata dan biasanya akan menghilang dalam beberapa hari tanpa meninggalkan bekas.

Walaupun penyakit bintil atau dalam dunia medis disebut hordeolum ini tidak tergolong berbahaya, namun terkadang cukup menyakitkan belum lagi perasaan adanya benda asing yang menghalangi pandangan sehingga terasa sangat mengganggu.

Lalu apa sih sebenarnya penyebab mata bintitan itu sobat? yuk mari..

Penyebab Mata Bintitan

Penyebab bintitan pada umumnya akibat terjadinya infeksi pada bagian akar atau pangkal bulu mata (folikel) yang ditimbulkan oleh banyak faktor diantaranya bulu mata tercabut kemudian terinfeksi bakteri.

Selain itu mata bintitan bisa diawali kelilipan akibat debu atau benda asing lain yang masuk dalam mata kemudian membuat mata infeksi bakteri, kemudian menimbulkan peradangan yang diawali dengan gejala kelopak mata terasa gatal dan nyeri pada bagian pnggir kelopak mata.

Karena itu, jika mata terasa gatal sebaiknya tidak dikucek untuk mencegah terjadinya infeksi,  apalagi jika tangan dalam kedaan kotor lebih baik segera mencuci muka dengan sabun untuk membersihkan kemungkinan adanya kuman atau bakteri pada pangkal bulu mata kita.

Penyakit Mata Bintitan


Lalu bagaimanakah cara mengobati mata bintitan itu? Yuk mari lagi.. :D

Cara Mencegah dan mengobati Mata Bintitan

Untuk mencegah bintitan, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan mata, jangan biasakan menggosok mata saat terasa gatal terlebih jika tangan dalam kondisi kurang bersih.

Jika sudah terlanjur keluar bintit sebaiknya dikompres menggunakan air hangat, disamping untuk mengurangi rasa sakit, mengkompres dengan air hangat dapat menenangkan otot-otot pada bagian kelopak mata yang meradang.

Caranya: Ambil kain bersih atau tisu lalu rendam dalam air hangat setelah itu diperas kemudian tempel pada bagian bintil selama beberapa menit lakukan secara berulang-ulang sampai rasa sakit berkurang.

Nah, sobat sekalian itulah ringkasan penyebab, cara mencegah dan mengobati mata bintitan dari saya. Semoga Bermanfaat. Amin

Wassalamualaikum.. :)

Terima Kasih sudah membaca Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Mata Bintitan. Semoga Bermanfaat!