Detail : Mengenal Dasar PHP (Pengertian, Sejarah, Dll)- Pengonaq Media
Mengenal dasar PHP - Bismillah, assalamaualaikum sobat. Apa kabar? Semoga kita senantiasa selalu diberikan nikamat kesehatan dan selelau berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Amin. Artikel berikut ini berjudul Mengenal PHP / Pengertian PHP yang akan berusaha membahas secara detail mengenai bahasa pemrograman PHP.

PHP

Mengenal Dasar-Dasar PHP

Apa itu PHP?

PHP atau disebut juga dengan Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman berbasis server side yang banyak digunakan untuk pengembangan website. PHP juga dapat diartikan sebagai Personal Home Page. PHP merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C. Bahasa pemrograman ini berlisensi Open Source, sehingga tidak salah jika saat ini banyak yang menggunakannya untuk membuat website. PHP juga digunakan oleh website-website besar seperti Facebook, Twitter, Google, dll.

PHP biasanya disandingkan dengan MySQL sebagai sistem basis data (database). Yang sama-sama berlisensi Open Source untuk membangun website yang dinamis.

Sejarah PHP

PHP pada awalnya merupakan singkatan dari Personal Home Page (Situs Personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada saat itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI) yang berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah formulir (Form) padaa website. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber (Source Code) tersebut untuk umum dengan lisensi sumber terbuka (Open Source) dan diberikan nama PHP/FI. Dengan lisensi Open Source tersebut membuat banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat. Kemudian pada juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan namanya menjadi PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi PHP Hypertext Preprocessor. 

Pada tahun 1999, Zend merilis kembali interpreter PHP baru dan diberikan nama PHP 4.0. PHP versi 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak digunakan pada awal abad ke-21. Karena kemampuannya yang untuk membangun aplikasi web yang kompleks namun juga tetap memiliki  stabilitas dan kecepatan yang tinggi. 

Pada tahun 2004, Zend kembali merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar yang mendukung bahasa pemrograman berorientasi objek (atau dikenal dengan OOP).

Pada saat artikel ini ditulis, versi PHP terbaru sudah mencapai versi PHP7. Katanya, versi PHP7 ini adalah versi terbaik dan tercepat melalui pengembangan dari versi yang sebelumya.

 Mengapa Memilih PHP?

Ada beberapa alasan mengapa seorang programmer memilih PHP untuk membangun webiste.

Open Source

Alasa mengapa memilih PHP yang pertama adalah dengan lisensi Open Source (Semi Gratis), kita bisa ikut mengembangkan bahasa pemrograman ini. Dan karena alasan tersebut juga membuat PHP mendapatkan tempat tersendiri di hati para programmer terutama pengembang web untuk ikut mengembangkannya.

Aman

Alasan yang kedua untuk membangun sebuah sistem website, yang pertama perlu diperhatikan adalah masalah kemananannya. Seiring dengan semakin berkembangnya, PHP terus dilakukan pengembangan termasuk sistem keamanannya. Sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir dengan sistem keamanan website yang kita buat. Akan tetapi kata para master-master PHP dan param master keamanan menyatakan tidak ada sistem yang benar-benar 100% aman.

Mudah Dipelajari

Dengan sintaknya yang mudah dibaca dan dipelajari dan didukung dengan banyaknya komunitas-komunitas yang turut mengembangkan PHP, membuat kita lebih mudah mempelajarinya. Dari beberapa orang programmer yang saya tau dan sudah bisa dibilang master ternyata latar belakang pendidikannya tidak harus pendidikan komputer alias belajar sendiri atau disebut juga dengan belajar otodidak. ya, dengan kemudahan yang dimiliki oleh PHP membuat semua orang bisa mempelajarinya dan semua orang bisa membuat website sendiri.

Memiliki Banyak Komunitas

PHP memiliki banyak komunitas di seluruh dunia, secara online maupun offline. Komunitas tersebut membahas seputar PHP, bug, tutorial, tips-trik dan lain-lain umumnya pengembangannya.

Multi Platform

PHP Bisa dijalankan pada semua jenis Sistem Informasi (OS). seperti Windows, iOS, Linux, UNIX, dan yang lainnya. Jika Anda seorang yang menggunakan OS Windows, Anda tetap bisa membuat aplikasi atau sistem website dengan PHP. Tak terkecuali juga dengan OS iOS, Linux, UNIX dan yang lain-lainya.

Didukung Banyak Web Server

Seiring perkembangan teknologi dan perkembangan dunia website saat ini dan juga dengan banyaknya pengguna dari PHP membuat web server juga mengikuti perkembangan PHP.

Kelebihan dan Kekurangan PHP

Sebagai bahasa pemrograman tentunya PHP memiliki kelebihan tersendiri dibandingan dengan yang lainnya namun juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan PHP.

Kelebihan PHP

  • PHP dapat digunakan untuk membangun website yang dinamis
  • PHP berlisensi Open Source atau dapat digunakan secara gratis oleh siapapun.
  • PHP mampu berjalan di multiplaftorm atau Sistem Operasi seperti iOS, Windows, Linux, dll
  • PHP mempunyai keleihan dalam segi kecepatan.
  • PHP mendukung banyak sistem database seperti Oracle, MySQL, PostgrSQL, Ms SQL, Mongo DB, dll.
  • PHP didukung banyak web server. Sehingga hampir website yang dibangun menggunakan PHP dapat dihosting di hampir semua layanan hosting.
  • PHP mudah dipelajari karena banyaknya dokumentasi dan komunitasnya.
  • PHP memiliki sintak yang mudah dipahami.
  • PHP Menudukung Object Oriented Programming (OOP) / Pemrograman Berorientasi Objek
  • PHP selalu dikembangkan sehingga selalu memunculkan fitur-fitur, kemudahan-kemudahan dan teknologi terbaru.
  • Dll

Kekurangan PHP

  • Tidak ada sistem yang 100% aman Sehingga PHP memiliki kelemahan keamanan jika programmer tidak teliti. Dan programmer harus jeli & berhati-hati dalam melakukan pemrograman & Konfigurasi PHP.

Sintak Dasar PHP

Kepopuleran PHP sebagai bahasa pemrograman tentu juga tidak lain tidak bukan karena alasan sintaknya yang mudah dipahami dan dielajari. Berikut ini adalah contoh sintak dasar dari PHP.

<?php
// ini adalah sintak dasar php
// di bawah ini adalah contoh variable
$sapa = "Halo Dunia!";

// di bawah ini adalah fungsi untukk menampilkan hasil / output
echo ($sapa);
// bisa juga menggunakan print();
print ("ini akan tampil pada browser..");
//
echo "======================================<". "br" . ">";
print "Halo, ";
echo "saya sedang belajar PHP";

?>

Kode di atas merupakan contoh sintak dasar dari PHP. Dapat kita lihat bahwa aturan sintak dasar PHP adalah dimulai dengan tanda <?php dan diakhiri dengan tanda ?> . Yang dimana setiap statemen / perintah harus diakhiri dengan tanda [titik koma] (;).

Nah, itu adalah sedikit penjelasan mengenai dasar-dasar sintak PHP sebagai permulaan bekal Anda dalam memulai pembelajaran terhadap PHP. Untuk penjelasan sintak lainnya akan dijelaskan pada tulisan-tulisan berikutnya.

PHP Framework

PHP Framework adalah sebuah kerangka sistem yang dibuat untuk mempermudah programmer dalam membangun sistem aplikasi website. PHP Framework biasanya digunakan untuk mengembangkan sistem web yang berskala menengah ke besar. Karena jika masih menggunakan teknik menulis script (scripting) yang biasa (konvensional) dirasa dapat merepotkan dalam hal pengembangan. Salah satu contoh scripting konvensional tersebut adalah menulis kode yang sama secara berulang-ulang setiap file script.

Beberapa contoh php framework diantaranya :

Dalam dunia pengembangan website terbaru saat ini kebanyakan developer lebih memilih menggunakan framework dikarenakan beberapa faktor diantaranya kecepatan pengembangan dan kemudahan dalam pengembangan. Semua framework menggunakan teknik OOP dalam scriptingnya. Jadi, untuk sobat yang ingin belajar OOP harus terlebih dahulu minimal tahu dasar PHP OOP (Object Oriented Programming). Nah, mungkin untuk kedepannya kita akan bahas pada tulisan berikutnya. So, stay tuned ya sobat.. :)

Nah, demikianlah beberapa rangkuman tentang tulisan mengenal dasar PHP ini. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf jika ada penulisan kata atau kalimat yang salah.

Terima kasih

Terima Kasih sudah membaca Detail : Mengenal Dasar PHP (Pengertian, Sejarah, Dll). Semoga Bermanfaat!