Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan- Pengonaq Media
KlikDokter.com - Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang digunakan di seluruh dunia untuk menambah cita rasa makanan. Bawang putih yang dikenal memiliki bau tajam ini ternyata sering digunakan untuk pengobatan sejak ratusan tahun yang lalu. Pada saat perang dunia ke-1, para prajurit menggunakan bawang putih sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi, membersihkan luka sampai mengobati disentri.

Beberapa Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berdasarkan hal tersebut maka mulai banyak ilmuwan yang meneliti manfaat dari bawang putih ini. Bawang putih kaya akan vitamin B6, mangan, selenium, vitamin c, dan mineral lainnya. Kandungan Allicin/sulfur dalam bawang putih dipercaya sebagai zat kimia yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, zat ini juga yang menimbulkan bau tajam pada bawang putih.

Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan:

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi
    Bawang putih merupakan salah satu herbal yang sering disebut untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi aterosklerosis. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 tahun menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 900 mg bawang putih setap harinya memiliki risiko yang lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke.
  2. Menurunkan risiko kanker
    Beberapa penelitian menunjukkan mereka yang mengkonsumsi bawang putih mentah ataupun yang sudah dimasak memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker kolon, kanker lambung, dan kanker esofagus.
  3. Anti radang dan anti infeksi
    Kandungan sulfur pada bawang putih dipercaya sebagai zat yang dapat menghambat proses peradangan, misalnya pada penyakit kulit seperti psoriasis, jerawat, luka.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika Anda terkena flu, cobalah masukan 1 siung bawang putih yang sudah dicincang ke dalam satu gelas air hangat, diamkan selama 1 menit, tambahkan 1 sendok madu atau jahe untuk mengurangi bau, kemudian minum.
Lalu bagaimana cara mengkonsumsi bawang putih? Dimakan mentah atau dimakan dengan dimasak? Berikut penjelasannya:

Cara Mengkonsumsi Bawang Putih yang Terbaik:

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih adalah dengan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau setengah matang. Bawang putih yang dimasak pada suhu panas dapat merusak dan menghilangkan kandungan Allicin sehingga manfaatnya untuk kesehatan juga akan berkurang.

Anda dapat mengkonsumsi 2-4 siung bawang putih setiap harinya sebagai suplemen. Saat ini sudah tersedia ekstrak bawang putih dalam bentuk kapsul yang dapat dikonsumsi untuk menghindari bau tidak sedap saat dikonsumsi secara langsung, Bawang putih sangat aman untuk dikonsumsi.

Efek Samping Bawang Putih

Efek samping yang dapat timbul berupa perut kembung, bau mulut, dan bau badan. Selain itu bawang putih juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat seperti obat isoniazid (obat tuberculosis), kontrasepsi hormonal, obat pengencer darah (clopidogrel, aspirin), obat anti nyeri (NSAID), dan anti HIV.

Sumber :
dr. Dina Kusumawardhani
klikdokter.com

Terima Kasih sudah membaca Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan. Semoga Bermanfaat!